Pengalaman Handle Integrasi Bank dan Kementrian!
Seperti yang kalian tau, aku adalah seorang IT Consultant. Namun kali ini aku mau annonce bidang apa sebenarnya yang aku handle. Spesifiknya aku berdiri as an API Consultant. Ada yang tau apa itu API? Kaya nya ini bukan hal yang aneh lagi ya, hampir semua platform butuh API untuk saling terintegrasi.
Nah, bidang ini selalu membuat ku berhubungan dengan pihak eksternal yang menjalin kerjasama dengan Bank yang sedang aku support. Jadi aku selalu tektokan dengan beberapa partner yaitu seperti : Bli bli, Tokopedia, Gojek, Traveloka, Twillio, dan lain nya termasuk dengan seluruh project Kementerian. Nah kali ini aku akan bahas 1 project yang lumayan macro dan berat banget proses develop nya wkwk
Apa itu Integrasi?
Integrasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu integration yang berarti kesatuan atau pembulatan. Selain itu, integrasi juga bisa diartikan sebagai suatu metode untuk mengoordinasikan berbagai fungsi, bagian-bagian, dan tugas yang ada pada suatu pekerjaan. Dengan kata lain, integrasi merupakan suatu cara untuk kerja sama yang tidak saling bertentangan demi mencapai suatu tujuan.
Apa salah satu case simple Integrasi?
Dari pengertian tersebut mungkin bisa aku jelaskan bentuk realitanya pada pekerjaan yang ku handle, sebagai berikut
BANK ABC : melayani proses transaksi nasabah dan marchant
TRAVELOKI : salah satu marchant travel dalam bentuk platform digital yang support proses transaksi secara transfer / auto debet / dll
Case
User TRAVELOKI (yang sekaligus juga sebagai nasabah BANK ABC) ingin melakukan transaksi di platform TRAVELOKI. Untuk mencapai hal ini, TRAVELOKI dan BANK ABC harus sudah terintegrasi terlebih dahulu. Jika belum terintegrasi, maka proses ini tidak akan pernah terjadi. Bentuk kerjasama ini dapat dipastikan oleh user pada saat proses payment sudah ada opsi transfer menggunakan BANK ABC.
Apa Keuntungan Integrasi?
Pada dasarnya, seluruh Bank pasti akan berlomba-lomba untuk segera mengintegrasikan produk mereka agar segera dapat terhubung dengan platform digital seperti Traveloka dll. Karena transaksi ini menghadirkan banyak sekali rupiah yang luar biasa setiap hari nya. Dan hal ini menjadi sumber penghasilan baru yang sangat seksi untuk Bank di era digital. Aku sudah pernah cek di dashboard monitoring hit API dengan filter per hari nya dari salah satu produk Bank, wah memang besar sekali! Jadi bisa dibayangkan ya bagaimana kalau tiba-tiba service ini down??? Seberapa besar rupiah yang melayang harus diewatkan per sekian detik nya!
Apa peran yang ku ambil dalam proses Integrasi ini?
Integrasi ? sudah pasti membahas tentang API! Sehingga part ini adalah bentuk kontribusi yang selalu aku garap. Berikut adalah urutan part yang aku handle dalam supporting Integrasi API.
Awalnya pasti pihak product / PM dari sisi BANK dan MACRHANT sudah mengadakan meeting terlebih dahulu dari proses kerjasama hingga analisa usecase bisnis. Setelah rampung, maka engineer akan di ajak untuk meeting lanjutan dalam proses integrasi ini. Setelah itu, hal berikut yang akan aku lakukan :
- Analisa dokumen bisnis dari sisi marchant (usecase bisnis)
- Analisa Spesifikasi API marchant (url, method, request, response).
- Analisa Security API yang akan diterapkan (Basic Auth, API Key, OAuth, JWT, HMAC, dll)
- Summary Listing seluruh API dan security API dari part 2 dan 3 sebelumnya
- Analisa plan arsitektur / strategi / konsep dari virtualisasi API tersebut sesuai pendekatan teknologi BANK ABC (adjust to client, who i stand for).
- Publish virtualisasi di staging environment.
- Announce ke sisi product after publish agar API di testing
- Monitoring dan Fixing untuk staging env.
- Prepare untuk naik ke Production.
- Standby Monitoring dan Fixing Bug Production
- Maintainance
Apa bentuk Integrasi BANK dan KEMENTRIAN?
Pada tulisan ini, kerjasama yang dimaksud adalah antara BANK dengan Kementrian Keuangan.
Hal ini terjadi pastinya karena ada kepentingan antar instansi yang membuat mereka harus saling terhubung / integrate. Karena jika tidak ada kepentingan, hal ini sangat amat membuang banyak sekali dana, tenaga dan waktu untuk proses implementasinya.
Jika sebelumnya antar BANK dan Marcant menghasilkan keuntungan dalam bentuk pendapatan rupiah sebagai feedback dari integrasi ini, bagaimana dengan BANK dan KEMENTRIAN? Apakah juga sama?
TIDAK.
Melainkan karena adanya peraturan putusan kementrian yang mewajibkan hal ini harus dilakukan. Jadi bentuk integrasi API yang biasanya datang dari sisi Kementrian selalu berupa putusan kebijjakan baru untuk memenuhi peraturan pemerintah.
Thankyou!
Regards,
Lily
Comments
Post a Comment